JABAN Bird Farm - Penangkaran burung berkicau + Menjual berbagai jenis burung berkicau + Melayani pemesanan / pengiriman ke seluruh wilayah kota propinsi - Info hubungi : 0813 1313 1481 - Endang Sutarji
JABAN Bird Farm - SALAM KICAU MANIA

cucak ijo mini

Cucak ijo mini - Burung ini disebut cucak ijo mini, karena warna bulunya seperti ijo mini daun dan sangat cantik. Secantik ocehannya yang bervariasi, dan bentuknya lebih kecil dari cucak ijo yang biasanya. Untuk menjaganya dari ancaman kepunahan, dianjurkan membelinya dari para penangkar.

Cucak ijo mini sebenarnya merupakan burung dengan wilayah penyebaran terbatas, yaitu di lingkungan Asia Tenggara saja. Di Indonesia, ia hanya dijumpai dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.
Postur tubuh cucak ijo mini dari Jawa lebih kecil ketimbang dari Sumatera, tetapi lebih besar daripada cucak ijo mini dari Kalimantan. itulah yang membuat cucak ijo ini disebut dengan burung cucak ijo mini.

Jenis Kelamin
Burung jantan dan betina bisa dikenali melalui warna bulu di bagian tenggorokan. Kalau ada warna hitam di bagian ini, berarti jantan.
Tetapi ya tetap harus hati-hati, karena penipuan bisa terjadi di mana-mana, termasuk di pasar burung. Ada kasus di mana bulu di bagian tenggorokan cucak ijo mini betina dihitamkan demi mengelabuhi calon pembeli.

Cara perawatannya relatif mudah, tidak jauh berbeda dari burung berkicau lainnya. Hanya saja, cucak ijo mini enggan mengkonsumsi voer. Jadi dalam sangkar mesti disediakan pisang atau pepaya, kroto, serta serangga (jangkerik, ulat, atau belalang).
Burung ini seringkali takut dengan air, terutama saat dimandikan dalam karamba mandi. Biasanya dia hanya mencelupkan sebagian tubuhnya saja.
Untuk membiasakan diri mandi setiap pagi (jika cuaca cerah), gunakan spayer berisi air, lalu semprotkan pelan-pelan ke tubuhnya. Setelah itu, burung dijemur bersama sangkarnya.

Jika terbiasa, lama-lama cucak ijo mini mau dimandikan dalam karamba mandi.
Sangkar untuk memelihara cucak ijo mini bervariasi. Biasanya, para kicau mania menggunakan sangkar berukuran 50 cm x 60 cm (kotak) atau sangkar berbentuk bulat. Kalau berkelas lomba, biasanya yang digunakan adalah sangkar mewah buatan China.